7 Komplikasi Diabetes, Penyakit yang Diidap Papa T Bob Sebelum Meninggal - Pusat Informasi Indragiri Hilir

Jumat, 10 Juli 2020

7 Komplikasi Diabetes, Penyakit yang Diidap Papa T Bob Sebelum Meninggal

7 Komplikasi Diabetes, Penyakit yang Diidap Papa T Bob Sebelum Meninggal

BERITA INFO INHIL - Pencipta lagu anak Papa T Bob meninggal dunia, Jumat (10/7/2020). Dikabarkan ia memiliki riwayat diabetes, penyakit dengan berbagai komplikasi di hampir semua sistem organ.

Kabar meninggalnya Papa T Bob dibenarkan oleh Vargo T Bob, sang anak. "Iya benar (meninggal)," katanya.

Dikutip dari Mayoclinic, diabetes merupakan penyakit yang mempengaruhi kemampuan tubuh menyerap gula darah atau glukosa. Di dalam tubuh, glukosa menjadi sumber energi utama bagi sel-sel maupun jaringan tubuh.

Beberapa komplikasi yang bisa terjadi pada diabetes yang tidak terkontrol adalah sebagai berikut:

1. Penyakit jantung atau stroke
Diabetes dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Hal ini dikarenakan terjadinya penyempitan arteri, sehingga aliran darah tidak lancar. Penyumbatan aliran darah ke jantung bisa ditandai dengan keluhan nyeri dada.

2. Kerusakan saraf
Gula darah berlebih dapat melukai dinding pembuluh darah kecil atau kapiler. Jika hal itu terjadi, maka berakibat kerusakan pada saraf, terutama bagian kaki. Efeknya adalah kesemutan, mati rasa, terbakar, atau sakit yang biasanya dimulai di ujung jari kaki atau jari dan secara bertahap menyebar ke atas.

3. Kerusakan ginjal
Ginjal mengandung jutaan kluster pembuluh darah kecil yang menyaring limbah dari darah. Diabetes dapat merusak sistem penyaringan halus ini. Kerusakan parah dapat berakibat pada gagal ginjal yang tidak dapat disembuhkan sehingga membutuhkan transplantasi ginjal.

4. Kerusakan mata
Diabetes dapat merusak pembuluh darah retina yang berpotensi menyebabkan kebutaan. Tak hanya itu, diabetes juga berpeluang meningkatkan risiko katarak dan glaukoma.

5. Kerusakan kulit
Diabetes dapat membuat tubuh lebih rentan terhadap masalah kulit. Kerusakan kulit yang disebabkan karena diabetes, dapat membuat seseorang lebih rentan terkena masalah kulit, infeksi bakteri, dan jamur.

6. Alzheimer
Diabetes tipe dua dapat meningkatkan risiko Alzheimer. Semakin rendah kontrol gula darah kamu, semakin besar risikonya.

7. Depresi
Gejala depresi sering terjadi pada orang dengan diabetes tipe satu dan dua. Depresi dapat mempengaruhi manajemen diabetes.

Diabetes bisa dihindari dengan mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung kadar gula tinggi. Tak hanya itu, rutin berolahraga juga bisa menjadi cara untuk menghindari penyakit diabetes.(dtk)




Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 Infoinhil.com | All Right Reserved