Wawako Dumai Apresiasikan Langkah Perawat RSUD Buat APD Secara Swadaya - Pusat Informasi Indragiri Hilir

Senin, 30 Maret 2020

Wawako Dumai Apresiasikan Langkah Perawat RSUD Buat APD Secara Swadaya

Wawako Dumai Apresiasikan Langkah Perawat RSUD Buat APD Secara Swadaya

Wawako Dumai, Eko Suhardjo saat meninjau Komite Keperawatan RSUD Kota Dumai membuat APD sendiri.(hlc)
DUMAI, Berita Info Inhil - Sebagaimana diberitakan sebelumnya, alat pelindung diri (APD) yang digunakan oleh tenaga medis Kota Dumai sangat terbatas.
Padahal APD merupakan kebutuhan utama bagi para medis sebagai garda terdepan berperang melawan Covid-19 terutama bagi pasien dalam pantauan (PDP) Covid-19.
Sehingga Komite Keperawatan RSUD Kota Dumai berinisiatif membuat APD sendiri melalui dana swadaya yang terkumpul.
Tujuannya untuk menutupi kekurangan APD yang kian menipis. Sementara APD yang mereka buat di antaranya masker, face Shield, aprib, alat pelindung kepala, alat pelindung mata dan muka serta penutup sepatu.
Rika Widyana Ketua Komite Keperawatan RSUD Dumai, Senin (30/3) di RSUD Dumai mengatakan mereka juga dibantu oleh Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) dan para kolega lainnya.
"Dari hasil dana yang terkumpul, alhamdulillah kami bisa menyiapkan 100 APD,"ucapnya.
Bersyukur, APD yang mereka buat dinyatakan layak oleh Komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) untuk mencegah dan meminimalisir infeksi yang terjadi kepada petugas.
"Jadi kami koordinasi dahulu dengan PPI tentang standar dan kelayakan APD yang kami buat,"ungkap Rika lagi.
Seratus APD ini nantinya akan didistribusikan ke ruangan isolasi PDP Virus Corona.
"Selain untuk beli APD, uang yang terkumpul juga kami belikan puding dan suplemen bagi petugas dan perlengkapan mandi bagi PDP di IGD (instalasi gawat darurat),"papar dia lagi.
Dia berharap agar pemerintah memperhatikan mereka. "Kami juga tak lupa mengimbau kepada masyarakat agar mengurangi aktivitas di luar rumah, agar kita bisa memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19,"imbaunya.
Di kesempatan yang sama, inisiatif para perawat tersebut mendapat apresiasi dari Wakil Wali Kota Dumai, Eko Suhardjo Suparto.
Eko Parto begitu ia kerap disapa juga meninjau pembuatan APD oleh komite perawat di RSUD Kota Dumai.
Bahkan dirinya pun turut berpartisipasi dalam kegiatan sosial ini. Secara pribadi ia menyerahkan uang tunai sebesar Rp10 juta untuk memberikan dana tambahan kepada ketua komite.
Wawako turut berpartisipasi dalam aksi kemanusiaan ini. Pada kesempatan itu Wawako memberikan bantuan uang tunai Rp10 juta secara pribadi.
“Tugas mereka merupakan tugas yang sangat mulia, tidak kenal lelah, tetap sabar dan mau mengorbankan waktunya, menjadi garda terdepan melawan COVID-19,"sebut mantan Wakil Ketua DPRD Kota Dumai ini bangga.
"Dan saya wajib mendukungnya dalam aksi kemanusiaan tersebut,"kata dia lagi.
"Pesan saya kepada dokter dan perawat yang berada di garda terdepan, agar selalu menjaga kesehatan. Semoga mereka selalu diberi kesehatan dan tetap dalam lindungan Allah SWT,"tukasnya.




Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 Infoinhil.com | All Right Reserved