Studi: Bermimpi Ketika Tidur Dapat Memperkuat Ingatan - Pusat Informasi Indragiri Hilir

Selasa, 09 Juni 2020

Studi: Bermimpi Ketika Tidur Dapat Memperkuat Ingatan

Studi: Bermimpi Ketika Tidur Dapat Memperkuat Ingatan

BERITA INFO INHIL - Bermimpi saat sedang tertidur ternyata memberikan manfaat baik pada ingatan seseorang. Studi terbaru menunjukkan bermimpi ketika tidur nyenyak dapat memperkuat atau mengonsolidasi memori.

Penelitian terbaru dari University of Tsukuba dan University of Tokyo di Jepang menganalisis kerja neuron di otak ketika bermimpi. Studi ini dipublikasikan di jurnal Neuron pada Kamis (4/6) pekan lalu.

Dalam studi yang dilakukan pada tikus itu, peneliti mendapati neuron ABNs yaitu sel saraf khusus di otak bagian hippocampus mengonsolidasi ingatan selama masa tidur paling nyenyak atau dikenal dengan REM. Studi pada tikus dipilih karena memiliki organ dan cara kerja yang hampir sama dengan manusia.

"Temuan ini memberikan hubungan sebab akibat antara aktivitas ABN selama masa tidur REM dan konsolidasi memori," tulis peneliti Deependra Kumar dalam abstrak penelitian.
Saat tidur nyenyak dan bermimpi, peneliti mendapati ABN mengalami perubahan yang memungkinkan konsolidasi memori lebih kuat. Selain itu tidur nyenyak dapat mensikronkan neuron yang merupakan kunci dari konsolidasi memori.

"Ini adalah perkembangan penting karena aktivitas dan peran ABN dalam konsolidasi memori selama tidur sebelumnya tidak diketahui," kata peneliti Masashi Yanagisawa dalam keterangan pers, dikutip dari Psychology Today. (cnn)




Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 Infoinhil.com | All Right Reserved