Cara Tepat Periksa Suhu Tubuh di Rumah, Saran Dokter - Pusat Informasi Indragiri Hilir

Minggu, 14 Juni 2020

Cara Tepat Periksa Suhu Tubuh di Rumah, Saran Dokter

Cara Tepat Periksa Suhu Tubuh di Rumah, Saran Dokter

BERITA INFO INHIL - Saat merasa demam, hal pertama yang Anda lakukan adalah mengambil termometer dan mencatat suhu tubuh. Penting dalam peralatan medis, memiliki termometer selama masa pandem.

Pemeriksaan suhu secara teratur menggunakan pemindai termal inframerah tanpa kontak adalah cara tepat sebelum ke luar rumah. Lalu apa yang harus dilakukan jika curiga Anda demam?.

Meskipun termometer bekerja berdasarkan filosofi dasar, dapat terjadi bahwa termometer menunjukkan pembacaan yang tidak akurat. Termometer tradisional (merkuri) dapat menunjukkan hasil yang berbeda dari yang digital. Mungkin bagi mereka untuk menjadi buruk, atau menunjukkan suhu, yang berbeda.

Dapatkah termometer memberikan bacaan yang salah?

Termometer, biasanya menggunakan teknologi inframerah yang mendeteksi panas dari dahi atau bagian tubuh lainnya untuk mendeteksi gejolak suhu. Termometer dan pemindai yang berbeda bekerja dengan cara yang berbeda.

Namun, untuk mendeteksi dengan benar apakah Anda demam atau tidak, penting untuk mengetahui cara yang benar dalam menggunakan termometer. Mendapatkan pembacaan yang salah lebih mudah daripada deteksi yang benar.

Sementara termometer digital bisa rusak, dengan pemindai inframerah, jarak bisa menjadi masalah. Menurut Dr Bharat Agarwal, Konsultan, Obat Penyakit Dalam, Rumah Sakit Apollo, Navi Mumbai, India, sementara pemindai suhu inframerah adalah salah satu pilihan terbaik yang tersedia

"Ada beberapa alasan mengapa termometer menunjukkan bacaan yang berbeda. Pertama dan terpenting, kisaran dan jarak untuk masing-masing unit berbeda-beda. Yang memiliki bacaan 3 kaki tidak akan menunjukkan hasil yang sama dengan 6 Jarak-kaki. Baterai rendah atau rusak juga dapat menunjukkan perbedaan," kata dia dilansir dari Times of India.

Telinga, dahi dan ketiak

Menurut dokter Agarwal, termometer yang berbeda juga dapat memunculkan alasan yang berbeda sebagian besar karena cara Anda menggunakannya. Yang tradisional diambil secara lisan, sedangkan yang digital, para ahli sudah mulai mengambil melalui aksila. Tentu saja, orang harus menyadari bahwa ada 1 derajat Fahrenheit perbedaan antara oral dan aksila.

Bacaan dapat berbeda berdasarkan suhu permukaan juga, terutama selama masa ini. Bergantung pada lingkungan tempat seseorang berasal, apakah panas atau dingin, suhu eksternal juga dapat membuat perbedaan dalam suhu tubuh. Oleh karena itu, idealnya, Anda harus mengizinkan seseorang untuk menetap di lingkungan sekitar dan kemudian hanya melanjutkan untuk merekam suhu.

Menggunakan termometer dapat menjadi salah satu cara pertama untuk memeriksa keberadaan infeksi di rumah. Dr.Rajesh Jaria, Konsultan Penyakit Dalam, Rumah Sakit Hinduja Khar, menyarankan  untuk mendapatkan hasil yang paling akurat, penting untuk memeriksa suhu dengan cara yang benar.

"Tidak ada waktu terbaik untuk memeriksa suhu. Ambil yang terbaik dari tiga atau terbaik dari lima hasil (saat mengambil suhu yang lebih tinggi daripada yang lebih rendah)".

Dr Agarwal juga menambahkan ada perbedaan antara suhu tubuh selama pagi dan malam. Cara terbaik untuk memastikan akurasi adalah dengan mengambil suhu mulut.

Berada di lingkungan sekitar, pastikan Anda tidak memiliki sesuatu yang terlalu panas atau dingin sebelum Anda menggunakan alat dan yang paling penting, tidak berbagi termometer - membersihkannya sama penting.

Pada anak-anak

Pada anak-anak sedikit sulit untuk mencatat suhu. Jika seorang anak cukup dewasa untuk mengukur suhu oral, tidak apa-apa, jika tidak, Anda dapat menggunakan sensor yang memiliki sensor intra-oral, sensor yang memindai suhu dari telinga. Yang digital juga dapat digunakan di bawah ketiak mereka untuk mendapatkan pembacaan yang akurat.

Berapa kali harus memeriksa suhu Anda?

Karena sifat COVID-19, itu bisa mengkhawatirkan untuk melihat kenaikan suhu, Dr Agarwal menyebutkan bahwa merekam suhu dua kali sehari lebih dari cukup.

"Jika Anda tidak menunjukkan gejala, Anda tidak dapat benar-benar mengambil tindakan pencegahan ekstrem. Namun, jika Anda memiliki gejala seperti sakit tubuh atau kedinginan, pantau suhu Anda dua kali atau tiga kali sehari."

Dia juga menambahkan bahwa lebih dari angka pada pemindai, itu adalah sifat dan tren demam yang harus Anda rawat. Konsultasikan dengan dokter paling awal jika Anda mencurigai gejala lain selama demam. (viva)




Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 Infoinhil.com | All Right Reserved