Manfaat dan Cara Terapi Stroke Ringan di Rumah - Pusat Informasi Indragiri Hilir

Selasa, 29 Januari 2019

Manfaat dan Cara Terapi Stroke Ringan di Rumah

Manfaat dan Cara Terapi Stroke Ringan di Rumah

Orang tersayang anda ada yang mengalami serangan penyakit stroke ringan? Penderita bisa dipulihkan kondisinya dengan pengobatan secara rawat jalan. Dukungan orang terdekat sangat penting guna mendukung kesembuhannya. Nah, apakah fungsi dan cara terapi stroke ringan di rumah?

Manfaat Terapi Stroke Ringan Di Rumah

Secara umum cara perawatan stroke ringan ini tidak memerlukan obat-obatan berbahan kimia. Anda bisa menerapkan berbagai cara yang terbukti efektif. Dengan begitu, penderita stroke ringan bisa kembali beraktivitas seperti sebelumnya. Nah, apa sajakah manfaat dari terapi stroke ringan di rumah?

- Menghilangkan timbunan kolesterol, dan racun. Sehingga pembuluh darah tidak akan mengalami sumbatan. Karena itu darah bisa beredar dengan lancar ke seluruh organ tubuh. Tumpukan racun akibat obat-obatan kimia pun mampu disingkirkan. Dengan begitu, tubuh terasa lebih ringan, segar dan sehat.

- Mengatasi kondisi lumpuh sementara. Kondisi ini biasanya terjadi pada salah satu bagian tubuh. Sekaligus bisa sebagai metode pencegahan serangan mati rasa, kelumpuhan permanen atau sekadar kesemutan.

- Meningkatkan kemampuan koordinasi dan kepekaan jaringan otot yang mengalami pelemahan. Dengan cara ini maka pengidap penyakit stroke bisa menggerakkan tubuhnya seperti biasanya.

- Memulihkan kemampuan penderita stroke dalam hal berbicara. Sehingga pelafalan setiap hurufnya tetap terdengar jelas. Terapi juga bisa meningkatkan kemampuan daya ingatnya. Sekaligus bisa lebih berkonsentrasi.

- Menghilangkan perasaan depresi dan stres berlebihan. Saat mengetahui dirinya terserang penyakit stres, maka seseorang bisa mengalami depresi dan stres berat. Mengingat penyakit ini terbilang ganas dan sulit disembuhkan. Tapi dengan penerapan terapi yang tepat sangat membantu menghilangkan perasaan buruk tersebut. Kondisi stres berat bisa menghambat aliran darah, nutrisi dan oksigen di pembuluh darah. Itulah kenapa keadaan tersebut penting dihindari, agar bisa mencegah serangan stroke.

Jenis Terapi Stroke Ringan Di Rumah


Anda bisa membantu memulihkan derita stroke ringan yang dialami oleh anggota keluarga. Kesabaran dan kedisiplinan pastinya sangat diperlukan. Sehingga pasien benar-benar merasakan kesembuhannya. Apa sajakah jenis terapi yang bisa diaplikasikan?

- Terapi tradisional. Caranya dengan menerapkan pemijatan di berbagai daerah pada kaki dan tangan. Agar memudahkan dalam pemijatannya bisa menggunakan minyak zaitun. Gerakan konsisten harus diterapkan agar memberikan dampak positif bagi kesembuhan stroke ringan. Berbagai gerakan pemijatan diharapkan bisa menguatkan otot-ototnya. Sehingga tubuh bisa kembali beraktivitas seperti sedia kala. Obat-obatan berbahan alami juga bisa diandalkan. Tapi tentunya baik cara pemijatan dan konsumsi obat herbal harus dipantau oleh ahlinya.

- Terapi dengan berolahraga. Cara ini bisa dilakukan di rumah secara mudah.anda bisa membantu penderita stroke untuk melatih gerakan siku, bahu, lutut, pergelangan tangan, pergelangan kaki, dan jemari. Kalau gerakannya dirasa menyulitkan penderita bisa diberikan bantuan.

- Fisioterapi. Metode ini diterapkan guna pengobatan otot-otot yang mengalami gangguan. Caranya dengan menerapkan latihan otot, pemijatan dan penggunaan alat bantu tertentu. Seperti alat bantu jalan, agar penderita stroke ringan tidak mudah terjatuh.

- Terapi kognitif. Hal ini terkait dengan kemampuan daya ingat, bicara, berpikir sampai dengan pengambilan keputusan. Terapi ini diterapkan agar fungsi kognitif bisa kembali normal. Cara yang bisa dilakukan dengan mengajak penderita stroke untuk berbicara. Dengan percakapan yang intens, maka sangat baik untuk mengembalikan segala fungsi kognitif yang menurun.

Nah, itulah beberapa contoh terapi stroke ringan di rumah yang mudah dilakukan. Tentunya masih ada cara lain yang bisa diaplikasikan. Tentunya sesuai dengan anjuran dokter yang menanganinya. Sehingga meskipun dirawat di rumah, tapi pasien tetap bisa menikmati kesembuhan.




Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 Infoinhil.com | All Right Reserved