Presiden Bank Dunia Mengundurkan Diri - Pusat Informasi Indragiri Hilir


Selasa, 08 Januari 2019

Presiden Bank Dunia Mengundurkan Diri

Presiden Bank Dunia Mengundurkan Diri


Berita Terkini - Pengunduran diri Presiden Bank Dunia atau World Bank, Jim Yong Kim yang disampaikan pada Senin (7/1/2019) ini menjadi berita perokonomian global terbaru di dunia. 

Kim menyatakan akan mundur mulai bulan Februari depan. Lebih mencengangkan, pengunduran diri Kim tersebut dilakukan sebelum masa jabatannya habis yang mana masa jabatan Kim masih 3 tahun lagi.

"Merupakan kehormatan besar bagi saya selama ini bisa melayani sebagai presiden lembaga luar biasa ini, penuh dengan individu yang penuh semangat yang didedikasikan untuk misi mengakhiri kemiskinan ekstrem dalam hidup kita," Ungkap Kim seperti yang dikutip dari AFP (8/1/2019).

Kim juga menyatakan apa yang akan dilakukannya setelah tidak lagi memimpin Bank Dunia. Kim berencana akan mulai bergabung dengan perusahaan yang bergerak pada investasi di negara-negara berkembang usai pengunduran dirinya sebagai Presiden Bank Dunia. Namun Kim tidak menjelaskan secara detail perusahaan apa yang akan dia ikuti.

Kim mulai menjabat menjadi Presiden Bank Dunia pada tahun 2012 tahun. Visi dan misi yang dibawa Kim selama menjabat sebagai Presiden Bank Dunia adalah menghapuskan kemiskinan ekstrem pada tahun 2030, dan juga meningkatkan pembiayaan. 

Selain itu, pada tahun lalu, Kim mendapat persetujuan untuk meningkatkan modal secara tajam sebesar $ 13 miliar. Peningkatan tersebut dilakukan setelah Kim berhasil mengaksesi permintaan Presiden Donald Trump untuk mengekang pinjaman ke negara-negara maju berpenghasilan tinggi.

Sebagaimana dikutip dari Reuters (8/1/2019), alasan Kim mengundurkan diri adalah perselisihan kebijakan yang dianut antara Kim dan Presiden Donald Trump. 

 Kebijakan Kim yang selalu condong untuk membantu pendanaan yang berkaitan dengan perubahan iklim yang terjadi bertentangan dengan pemerintahan Trump. 

Namun Kim menegaskan bahwa pengunduran dirinya adalah murni keinginannya sendiri tanpa ada paksaan dari pemerintahan Presiden Donald Trump.

Kim telah membantu pembiayaan yang berkaitan dengan proyek-proyek perbaikan iklim dan energi hijau selama menjabat sebagai Presiden Bank Dunia. Tentu saja pendanaan tersebut tidak berpihak pada pendanaan-pendanaan pada investasi energi-energi yang tidak bisa diperbaharui yang sangat didukung oleh Trump. 

Pemerintahan Presiden Donald Trump memang sebagian besar pendukungnya adalah para industrialis energi tidak terbarukan seperti batu bara.

Dengan tidak didukungnya pendanaan untuk perusahaan energi tidak terbarukan, membuat industri tersebut sakit dan terpuruk. 

Dengan mundurnya Kim, para industrialis batu bara yang juga pendukung Presiden Trump berharap akan memiliki kekuatan lagi dengan memilih pengganti Kim yang sesuai dengan misi yang dibawa pemerintahan Trump dan para pendukungnya.

Bahkan Presiden Trump tahun lalu juga juga melakukan ketidak setujuan pada pengurangan emisi gas rumah kaca. 

Presiden Trump mengasingkan negara-negara yang sepakat secara global untuk memperbaiki iklim dengan mengurangi emisi gas kaca, yang menurut para ilmuwan adalah penyebab utama perubahan iklim.




Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 Infoinhil.com | All Right Reserved