Mendesak, Dewan Minta Penanganan Corona Masuk APBD Riau - Pusat Informasi Indragiri Hilir

Kamis, 05 Maret 2020

Mendesak, Dewan Minta Penanganan Corona Masuk APBD Riau

Mendesak, Dewan Minta Penanganan Corona Masuk APBD Riau

PEKANBARU, Berita Info Inhil - Anggota DPRD Riau daerah pemilihan Pekanbaru Robin P Hutagalung meminta pemerintah daerah segera menyiapkan fasilitas kesehatan khusus untuk menangkal penyebaran wabah corona di wilayah setempat.

Robin memprediksi rumah sakit yang ada di wilayah itu, tidak mampu mengakomodir seluruh pasien yang terserang penyakit. Apalagi dengan mewabahnya virus mematikan ini, diperlukan tindakan kongkret agar infeksi virus tak meluas, salah satunya dengan membangun sarana kesehatan khusus corona.

"RSUD Arifin Ahmad dalam keadaan normal saja, masih banyak pasien yang tidak kebagian rawat inap. Apalagi dengan adanya kasus virus corona ini. Kita minta agar disiapkan ruangan khusus. Kan banyak bangunan kosong punya pemda, disulap saja untuk ruangan karantina bagi pasien yang suspact maupun positif corona," ujar Robin di Pekanbaru, Rabu.

Robin mengatakan, pemda tidak bisa hanya melakukan sosialisasi saja untuk memutus rantai penyebaran virus ini. Kasus infeksi corona sudah ditetapkan sebagai kejadian luar biasa yang harus diiringi dengan kesiapan pemda untuk mengatasi persoalan tersebut.

"Saya rasa melalui surat edaran gubernur ataupun sosialisasii ini tidak akan menyelesaikan. Kita butuh tindakan kongkret pemprov untuk serius menghentikan penyebaran wabah ini," ucapnya.

Tak hanya keberadaan sarana, pemprov melalui Dinas Keshatan Provinsi Riau juga diminta untuk merekrut tenaga medis yang mempunyai latar belakang pendidikan kesehatan untuk menangani pasien yang diduga terpapar virus tersebut.

"Juga disiapkan secara khusus pekerja medisnya. Kalau perlu merekrut tenaga medis yang punya latar pendidikan bidang kesehatan, yang belum dapat kerja disiapkan untuk jadi relawan. Soal adanya yang suspect di RSUD AA. Harus ditangani secara serius," ucap Poltisi PDI Perjuangan itu.

Untuk persoalan anggaran, Robin meminta agar Pemprov Riau segera mengusulkan draf Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja daerah Perubahan. Karena dalam kondisi darurat yang butuh anggaran besar, upaya menggesa pengesahan APBD-P perlu dilakukan.

"Pasti butuh anggaran besar, kami minta Pemprov Riau segera ajukan melalui APBD perubahan, digesa supaya tidak ada hambatan soal pembiayaan termasuk fasilitas kesehatan. Ini kami sarankan kalau mereka betul-betul serius soal corona ini, paling lama Mei kalau bisa sudah diajukan KUAPPAS APBD P ini," ucap Ketua Komisi II DPRD Riau itu.(ant)





Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 Infoinhil.com | All Right Reserved