RSUD Meranti Jadi Tempat Isolasi Suspect Corona - Pusat Informasi Indragiri Hilir

Jumat, 06 Maret 2020

RSUD Meranti Jadi Tempat Isolasi Suspect Corona

RSUD Meranti Jadi Tempat Isolasi Suspect Corona

MERANTI, Berita Info Inhil - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kepulauan Meranti dijadikan sebagai tempat isolasi bagi suspect virus Corona yang ditemukan di wilayah Kepulauan Meranti.

Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kepulauan Meranti Muhammad Fahri mengatakan bahwa setelah rapat koordinasi dan pembentukan tim pencegahan vrisu Corona di Kepulauan Meranti dengan seluruh Stakeholder, dilakukan pengecekan uang isolasi di RSUD Kepulauan Meranti. Rabu (2/3/2020) lalu. 

"Ruang isolasinya ada satu khusus dan tidak menyatu dengan pasien penyakit lainnya," ungkap Fahri.

Dirinya menyatakan ruangan isolasi untuk suspect Corona tersebut disediakan dua tempat tidur. Setelah melakukan pengecekan ruang Isolasi Fahri mengatakan untuk standar ruangan dan kesiapan tenaga yang menangani sudah memenuhi standar.

"Untuk standar kita memakai standar dari WHO, dan semua sudah memenuhi, mulai dari ruangan, tenaga kesehatan serta alat-alat yang digunakan," ujar Fahri.

Walaupun demikian Fahri mengatakan untuk penentuan Suspect Corona apakah terjangkit atau tidak harus dibawa ke Pekanbaru sebagai pusat penanagan suspect Corona.

"Kita tidak bisa menentukan, karena fasilitas dan tenaga kesehatan kota yang belum memadai serta belum bersertifikat untuk penentuan terjangkit Corona," ungkapnya.

Fahri juga mengatakan untuk penanganan Suspect Corona, Kepualuan Meranti siap untuk mengantarkan mulai dari Selatpanjnag hingga ke Pekanbaru.

Kepada Riaulink.com, Jum'at (06/03/2020) Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Meranti dr. Misri Hadanto mengatakan pemeriksaan penumpang masuk dari Pelabuhan Selatpanjang sebagai pintu masuk penumpang dari berbagai daerah khususnya dari luar negeri akan dilakukan sejak awal.

"Mulai dari pelabuhan kita akan melakukan pemeriksaan dan screening terhadap penumpang yang masuk ke Kepulauan Meranti," ujar Misri.

Setelah itu akan dilakukan screening terhadap suhu tubuh dari penumpang serta catatan perjalanan penumpang tersebut. "Bila suhu tubuh di atas 38 derajat Celcius dan berasal dari negara terjangkit maka akan langsung ditetapkan suspect dan akan langsung diisolasi atau dikarantina sesuai dengan ketentuan," ungkapnya.

Dirinya menjelaskan bahwa saat ini belum ada rumah sakit rujukan bagi suspect virus Corona di Kepulauan Meranti. Sehingga apabila ada suspect virus Corona di Kepulauan Meranti akan dirujuk ke rumah sakit RSUD di Pekanbaru.

"Proses transfer rujukan ke rumah sakit di Pekanbaru kita akan siapkan ambulance darat, satu unit ambulance laut menuju Buton, dari dari Buton sudah arahan langsung dari provinsi sehingga alat mereka sudah lengkap. Jadi tugas kita hanya mengantar suspect Corona sampai dengan rumah sakit rujukan," pungkas Misri. (Aldo)





Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 Infoinhil.com | All Right Reserved