Majidiyah Mengaji Sempena Hari Jadi Ke-27 Rohil - Pusat Informasi Indragiri Hilir

Rabu, 04 Maret 2020

Majidiyah Mengaji Sempena Hari Jadi Ke-27 Rohil

Majidiyah Mengaji Sempena Hari Jadi Ke-27 Rohil

ROKANHILIR, Berita Info Inhil - Milad yang ke 27 tahun Pondok Alquran Al Madjidiyah di Baganbatu menyelenggarakan Madjidiyah Tilawatil Qu'ran atau Madjidiyah mengaji selama 5 hari 5 malam. Pembukaannya diresmikan oleh Bupati kabupaten Rokan Hilir H.Suyatno, Senin malam (02/03/2020).

Tampak hadir pendiri pondok Al Qur'an Al Madjidiyah Buya DR.HC HM Bachir Madjid dan Hj Sukini, Forkopimda, Kapolsek Bagansinembah Kompol P.Samosir,SH.MH, pimpinan dan anggota DPRD Rohil, kepala kantor Kemenag Rohil, para pimpinan pondok, para kiyai, para tuan guru, para Habaib, para mudir, ketua lembaga pemangku adat kesultanan Banten KH Maman Faturrahman, ketua lembaga adat melayu Riau Kabupaten Rohil KH Rashyd Abisar, para camat, Upika dan kua Bagansinembah serta sejumlah pejabat pimpinan tinggi Pratama dan tokoh masyarakat setempat.
Pada acara milad ke 27 pondok Al Madjidiyah ini dihadiri oleh tamu sedikitnya sebanyak 1692 peserta yang terdiri dari official berjumlah 161 orang.

Ketua panitia penyelenggara H. Muhammad Indra Gunawan menjelaskan bahwa madjidiyah mengaji ini terbagi dari beberapa cabang yaitu tingkat Mts dan MA yakni Tilawatil quran, Hifzil Qur'an, fahmil Qur'an, syarhil Qur'an dan khottil Qur'an. Untuk tingkat SD yakni murottal, hafiz juz Amma, rebana, tari daerah Melayu Riau dan pidato bahasa Indonesia. Sedangkan tingkat TK yakni hafalan surat pendek juz 30, hafalan asmaul husna dan mewarnai kaligrafi.

Sedangkan Bupati kabupaten Rokan Hilir H.Suyatno,AMp dalam sambutannya menegaskan pada malam ini MTQ milad Al Madjidiyah secara resmi dibuka.

"Semoga negeri Rohil diberkahi Allah," ujarnya.

Dikatakan orang nomor satu di Rohil ini,  pemerintah daerah Rokan Hilir menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada pimpinan pondok pesantren al majidiyah yang setiap tahun terus saja menyelenggarakan mtq, baik itu tingkat kabupaten dan kecamatan.

"Malam hari ini tingkat pondok se sumatera. Sekali lagi apresiasi dan terima kasih banyak kepada kakanda saya pak Haji Bachid Majid. Mudah mudahan pak haji beseeta warga seluruhnya selalu dalam lindungan Allah subhanahu wa taala. Kami juga menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh peserta dari provinsi sumatera utara," katanya.

Bupati Rohil H.Suyatno dalam kesempatan ini mengatakan pada saat milad yang ke-27 Pondok alquran Al Majidiyah ini dapat merajut silaturahmi dengan para ulama, santri, qori dan qoriah, hafiz dan Hafizah, kafilah yayasan pondok Al Qur'an Al majidiyah kecamatan Bagansinembah.

"Kehadiran Al Majidiyah Tilawatil quran senantiasa memiki daya tarik dan ruang tersendiri dalam kehidupan bermasyarakat mengingat even keagamaan ini menjadi salah satu media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif melalui lantunan dan penguasaan kalamullah,"tuturnya.

Oleh karenanya, kata bupati, dikesempatan yang baik ini, ia menyampaikan sekali lagi apresiasi dan penghargaan yang setulus tulusnya kepada yayasan pondok Al Majidiyah. Lembaga pondok pesantren Se sumatera.

"Semoga Al Majidiyah Tilawatil Qur'an ini dapat mengembangkan kegemaran membaca Al Qur'an pada usia dini di kabupaten Rokan Hilir khususnya di kecamatan Bagansinembah," katanya.

"Sebagaimana kita imani bersama bahwa kitab suci Alquran berisikan Kalamullah yang diturunkan untuk menjadi tuntunan dan tatanan bagi umat manusia agar memperoleh kebahagiaan baik didunia maupun di akhirat," tuturnya kemudian.

Selain berisi nilai nilai keimanan, kata Ia, kitab suci Al Qur'an juga mengandung inspirasi kisah sejarah keteladanan dan sumber ilmu pengetahuan serta pesan pesan moral yang luhur dan agung yang diperuntukan bagi umat manusia.

Kata Ia, Al Qur'an memberikan pencerahan bagi siapa yang membacanya serta menawarkan keteguhan batin bagi mereka yang mengamalkannya.

"Dengan menghayati ayat ayat Alquran kita dapat mengungkap berbagai rahasia alam dimuka bumi ini. Karena itulah, siapapun yang membaca Al quran dan menghayati pesan pesan yang terkandung didalamnya akan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT," ucapnya.

"Bapak ibu sekalian mari kita semarakkan majidiyah tilaqatil quran ini," katanya.

Karena melalui perhelatan ini dapat dijadikan sebagai salah satu sarana pembentuk sumber daya manusia yang handal sesuai dengan salah satu program prioritas pembangunan kabupaten Rokan Hilir yaitu menciptakan sumber daya manusia Rokan Hilir yang tangguh, berbudi pekerti dan berdaya saing mampu menghadapi setiap tantangan dan perkembangan zaman dengan generasi generasi yang tanggap, cakap dan berakhlak. 

"Pembangunan dapat terus bergulir dalam mengimplementasikan visi menuju Rokan Hilir yang maju dan sejahtera. Sebelum mengakhiri sambutan ini kepada qori dan Qoriah, hafiz dan hafizah, mufasir dan mufasirah, serta para peserta majidiyah tilawayil Qur'an lainnya, Saya ucapkan selamat bertanding," pungkasnya.(dgt)





Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 Infoinhil.com | All Right Reserved