Bupati Inhil: Konsep Kampung Qur'ani Sudah Siap - Pusat Informasi Indragiri Hilir

Selasa, 17 Maret 2020

Bupati Inhil: Konsep Kampung Qur'ani Sudah Siap

Bupati Inhil: Konsep Kampung Qur'ani Sudah Siap

INHIL, Berita Info Inhil - Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) beserta Ikatan Kekeluargaan Keluarga Dewan (IKKD) Kabupaten Inhil menggagas acara Peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad saw 1441 H, Ahad (15/3/2020) malam.

Acara yang diselenggarakan di Kediaman Dinas Ketua DPRD Kabupaten Inhil, Jalan Swarna Bumi Tembilahan ini terbuka untuk umum, sehingga ramai masyarakat setempat turut duduk pada majelis tersebut.

Ba'da Isya, Bupati Inhil, Drs HM Wardan MP yang mengenakan koko putih langsung menuju lokasi acara. Kedatangan Bupati disambut dengan marhaban dari maulid habsyi.

Turut hadir pada momen itu, Dandim 0314/ Inhil, Wakapolres Inhil, Ketua Pengadilan Negeri Inhil, Kepala OPD beserta ASN di Lingkungan Pemkab Inhil, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tamu undangan lainnya.

Selaku tuan rumah, Ketua DPRD Kabupaten Inhil, H Ferryandi mengucapkan terimakasih atas kehadiran para undangan dan masyarakat di majelis ilmu tersebut.

Sementara itu, Bupati dalam sambutannya mengungkapkan rasa bangganya kepada seluruh komponen masyarakat Inhil yang selalu aktif melaksanakan peringatan Isra' Mi'raj maupun Maulid Nabi.

"Dengan itu semua tentunya akan meningkatkan ukhuwah, silaturahim, kemudian akan menambah wawasan kita, dan mudah-mudahan meningkatkan keimananan serta ketakwaan kita kepada Allah SWT," tutur Bupati.

Menurutnya pelaksanakan kegiatan ini selaras dengan visi dan misi Kabupaten Inhil, terutama misi ketiga yang berisi tentang peningkatan kegiatan sosial, keagamaan, termasuk menanamkan nilai-nilai keagamaan terhadap generasi muda. 

"Kita sudah punya Program Magrib Mengaji, mulai tahun lalu juga kita sudah melaksanakan kegiatan 1 Desa/ Kelurahan 1 Rumah Tahfidz. Kelanjutan kegiatan rumah tahfidz ini akan memanfaatkan areal Islamic Center yang akan dijadikan pusat kegiatan Qur'an dan diberi nama Kampung Qur'ani. Konsepnya sudah selesai. Insya Allah tidak banyak menggerogoti APBD, karena kita berupaya mencari sumbangan dari berbagai pihak termasuk CSR," paparnya.

Memasuki Bulan Maret, imbuhnya, sesuai perhitungan BMKG, Negara Republik Indonesia akan mengalami musim kemarau. Kemarau ini dikatakan Bupati lebih panas daripada tahun-tahun sebelumnya.

Dikarenakan Daerah Provinsi Riau, termasuk Kabupaten Inhil yang diketahui rawan karhutla, Bupati mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan membakar.

"Saat ini sudah ada 16 titik hotspot di Kabupaten Indragiri Hilir. Wakapolres bersama masyarakat dan MPA terus berjibaku memadamkan api. 
Kita tidak mau lagi daerah kita menjadi sorotan karena menjadi penyumbang asap terbesar. Jadi saya ingatkan sekali lagi tolong jangan lagi membuka lahan ataupun aktivitas perkebunan lainnya dengan membakar, jangan membakar, jangan membakar," tegasnya Bupati.

Orang Nomor Satu di Negeri Hamparan Kelapa Dunia ini berharap, meskipun titik hotspot tidak dapat diatasi secara tuntas (zero hotspot), tapi setidaknya seluruh pihak turut serta meminimalisir hal tersebut.

Terkait permasalahan penyebaran virus corona yang meresahkan dunia belakangan ini, Bupati menyebut besok akan dilaksanakan pertemuan Gubernur bersama seluruh Kepala Daerah se-Provinsi Riau.

"Makanlah makanan yang sehat, kurangi bersentuhan dengan orang lain, selalu cuci tangan dengan sabun. Mari kita bersama-sama mengurangi perkembangan epidemi corona ini," pesan Ayahanda Kabupaten Paling Selatan di Provinsi Riau ini.

Isra' Mi'raj ini diisi dengan ceramah agama yang disampaikan oleh Ust H Husnaini SPdI, Pengasuh Ponpes Al-Baqiyatush Shalihat Kuala Tungkal Provinsi Jambi.





Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 Infoinhil.com | All Right Reserved