Nasib Rahaf Muhammad, Kini Dapat Suaka Pemerintah Kanada - Pusat Informasi Indragiri Hilir


Sabtu, 19 Januari 2019

Nasib Rahaf Muhammad, Kini Dapat Suaka Pemerintah Kanada

Nasib Rahaf Muhammad, Kini Dapat Suaka Pemerintah Kanada


Berita Terkini - Masih ingat Rahaf Muhammad al-Qunun, gadis remaja asal Arab Saudi, yang menjadi breaking news internasional beberapa waktu lalu?

Kini, ia memiliki kehidupan baru sebagai wanita bebas, setelah pemerintah Kanada memberinya suaka. Ia pun mengunggah beberapa foto untuk memamerkan kehidupan barunya saat ini di Kanada.

Sebelumnya, Rahaf sempat melakukan aksi menghebohkan dunia ketika kabur dari keluarganya.

Saat itu, ia dan keluarganya berada di tengah-tengah perjalanan dari Arab Saudi ke kuwait. Ia yang sudah mengantongi paspor turis selama tiga bulan dengan tujuan Australia, memutuskan kabur saat itu juga. Hal ini ia lakukan, karena diancam dibunuh keluarganya sendiri setelah murtad (keluar dari agama Islam).

Namun, saat transit di Thailand, pejabat kedutaan Arab Saudi di Thailand mengambil paspornya. Mau tak mau, ia tertahan di kamar hotel transit bandara Thailand.

Ia menolak menemui petugas apapun selain anggota PBB untuk pengungsi (UNHCR - The UN Refugee Agency). Pasca-drama selama beberapa jam, petugas UNHCR datang menemuinya. Ia pun diamankan, dan dipastikan takkan dipulangkan pada keluarganya.

Tadinya, Rahaf ingin meminta suaka pada pemerintah Australia. Namun, Pemerintah Kanada lebih cepat memutuskan untuk memberinya suaka Jumat (12/1/2019). Suaka itu diberikan setelah ia statusnya diputuskan sebagai pengungsi oleh UNHCR.

Keputusan itu ditetapkan ketika ia kabur dan transit di Thailand, dan menjadi breaking news internasional viral dengan mendokumentasikan upayanya melalui Twitter.

Begitu tiba di Kanada, Rahaf menanggalkan nama belakang yang juga nama keluarga, al-Qunun.

Sekarang namanya hanya Rahaf Muhammad saja.

Ia mengunggah beberapa foto di akun sosial-media untuk memamerkan terwujudnya kehidupan baru yang telah diidam-idamkannya. Kehidupan remaja berusia 18 tahun ini berubah drastis. Ia dapat merasakan kebebasan hidup yang sesungguhnya.

Di Kanada, ia siap menjalani kehidupan normal seperti warga negara Kanada pada umumnya. Ia juga berjanji akan membantu perjuangan kebebasan para wanita di seluruh dunia.

Pemerintah Arab Saudi belum memberikan statement apapun soal tentang kasus Rahaf Muhammad, si gadis pencari suaka yang sekarang telah mendapatkan suaka di Kanada.

Namun, NHSR menduga aksi Rahaf disebabkan hasutan dari beberapa negara.

NHSR akronim dari A Not Human Subject Research, semacam lembaga nasional hak asasi manusia independen di Arab Saudi.

Tapi Departemen Luar Negeri Amerika Serikat tetap yakin lembaga ini didanai oleh Pemerintah Arab Saudi.

NHSR menduga ada beberapa negara yang sengaja menghasut “para wanita nakal” Arab Saudi.

Tujuannya agar mereka melakukan pemberontakan terhadap nilai-nilai keluarganya.

Ketika “para wanita nakal” ini berhasil memberontak, negara-negara penghasut ini akan memotivasi “para wanita nakal” untuk kabur dari negaranya.

Nantinya negara-negara ini akan menerima mereka, dengan alasan memberikan suaka di negara lain.




Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 Infoinhil.com | All Right Reserved