Manfaat Terapi Air Hangat Sembuhkan Stroke - Pusat Informasi Indragiri Hilir

Senin, 28 Januari 2019

Manfaat Terapi Air Hangat Sembuhkan Stroke

Manfaat Terapi Air Hangat Sembuhkan Stroke

Stroke masih tercatat sebagai penyebab kematian terbesar di dunia. Serangan penyakit ini terbilang sulit untuk disembuhkan. Sekarang ini muncul metode baru dalam penyembuhannya. Salah satunya adalah terapi air hangat sembuhkan stroke. Seberapa efektifkah cara pengobatan stroke ini?

Efektifkah Terapi Air Hangat Sembuhkan Stroke?

Air tidak hanya berfungsi sebagai sumber kehidupan semata. Namun juga bisa membantu menjaga dan memulihkan penyakit tertentu. Salah satu yang terbukti bisa disembuhkan adalah penyakit stroke. 

Secara medis penyakit ini sangat sulit disembuhkan. Berbagai terapi harus dijalani, agar bisa kembali sehat seperti sedia kala. Nah, bagi anda atau keluarga yang sudah lama mengindap penyakit ini sangat tepat bila mencoba terapi air hangat sembuhkan stroke.

Metode terapi dengan air hangat mulai banyak diterapkan, khususnya guna mencegah dan memulihkan penderita penyakit stroke. 

Kenapa air hangat diklaim efektif dalam mengatasi penyakit stroke? Hal ini karena efek hidrodinamik, hidrostatik dan suhunya yang hangat, ternyata mampu membantu kelancaran peredaran darah ke seluruh tubuh. Tidak hanya itu saja kehebatannya, tapi air hangat juga bisa membuat tubuh terasa lebih tenang.

Tentunya metode ini bukan cara instan, yang akan langsung memberikan hasil positifnya dalam waktu singkat. Sangat diperlukan kesadaran dan juga sikap disiplin dari pasien untuk tidak pernah bosan melakukan terapi tersebut. 

Pihak keluarga juga harus senantiasa memberikan dorongan. Agar pasien stroke tetap memiliki semangat besar untuk menjalani terapi air hangat. Dengan begitu, kesembuhan bisa didapatkan suatu saat.

Hidroterapi merupakan salah satu terapi yang terbukti bisa memulihkan otot dan persendian yang terasa kaku. Bentuk terapi ini merupakan latihan yang mengandalkan media air hangat. 

Umumnya pasien bisa menjalani terapi latihan di kolam atau dikenal sebagai therapeutical pool. Suhu airnya akan mencapai 31derajat celcius.

Tingkatan suhu tersebut diterapkan karena dirasa cukup aman dan nyaman bagi pasien. Dengan begitu, sangat efektif untuk memberikan efek relaksasi, tubuh menjadi lebih rileks, menenangkan jiwa, menghilangkan rasa nyeri, bisa mencegah otot kaku, dan melancarkan peredaran darah.

Fungsi Terapi Air Hangat Sembuhkan Stroke


Air hangat sebagai terapi pengobatan stroke menggunakan dasar utama berupa efek hidrodinamik dan hidrostatik. Dampak fisiologis untuk tubuh ini sudah terbukti secara ilmiah. Nah, apa saja fungsi dari penerapan terapi memakai air hangat? Khususnya bagi penderita stroke.

- Terbukti melancarkan aliran darah
Suhu air yang hangat memberikan ketenangan bagi penderita stroke. Hal itu karena peredaran darahnya semakin lancar, sehingga tubuh mendapatkan pasokan darah, oksigen dan nutrisi yang dibutuhkannya. Dengan begitu, setiap organ tubuh bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

- Mampu menguatkan ligament dan otot-otot tubuh
Terapi menggunakan air hangat sangat bermanfaat dalam meningkatkan kekuatan otot-otot tubuh. Termasuk juga menguatkan ligament, yang berpengaruh besar terhadap sistem persendian tubuh. Itulah kenapa kalau seseorang yang menderita rematik dan penyakit encok, kemudian menjalani terapi dengan air hangat maka akan merasa kalau derita sakitnya mereda. Efek baik itu akan dirasakan pula bagi penderita penyakit stroke, yang biasanya dibarengi dengan kelumpuhan.

- Semakin memperkuat otot paru-paru dan jantung
Kedua organ ini sangatlah penting di dalam tubuh manusia. Jadi bila keduanya mengalami gangguan kinerja, maka tubuh akan terasa lemah dan bisa merembet pada komplikasi penyakit berbahaya. Sirkulasi pernafasan bisa menjadi lebih baik, kalau penderita stroke menjalani terapi menggunakan air hangat. Efek dari hidrodinamik dan hidrostatik saat menjalankan terapi inilah yang akan menopang bobot tubuh. Inilah manfaat luar biasa terapi air hangat sembuhkan stroke.




Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 Infoinhil.com | All Right Reserved