Ini Penjelasan Dirut RSUD PH Tembilahan Terkait Penanganan 1 Pasien yang Diduga Suspect Virus Corona - Pusat Informasi Indragiri Hilir

Kamis, 05 Maret 2020

Ini Penjelasan Dirut RSUD PH Tembilahan Terkait Penanganan 1 Pasien yang Diduga Suspect Virus Corona

Ini Penjelasan Dirut RSUD PH Tembilahan Terkait Penanganan 1 Pasien yang Diduga Suspect Virus Corona

INHIL, Berita Info Inhil - Telah dilakukan penanganan terhadap 1 dari 7 Anak Buah Kapal (ABK) yang baru pulang dari Malaysia yang diduga Suspect Covid-19 atau Virus Corona. 

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Puri Husada Tembilahan menyebut bahwa penanganan terhadap 1 ABK tersebut merupakan antisipasi penuralan wabah Virus Corona di Inhil.

"Hari ini kita mendapat 1 pasien yang diduga suspect Virus Corona rujukan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Kab.Inhil, jadi kita melakuka perawatan diruang Isolasi yang telah disiapkan," sebutnya kepada Riaulink.com, Rabu (04/03/2020).

Dalam penanganan di ruang Isolasi, RSUD Puri Husada Tembilahan telah menyiapkan Tenaga Medis, Para Medis dan peralatan-peralatan yang dibutuhkan.

6 rekan ABK yang di duga suspect corona juga telah dilakukan observasi diruang observasi Khusus.

Lanjutnya, Saut Fakpahan juga menyebut bahwa Hasil pemeriksaan pada hari ini akan di sondingkan dengan hasil pemeriksaan swap tenggorokan yang akan dilakukan oleh tim dari Provinsi.

"Kita doakan bersama-sama agar hasil labornya negatif. Untuk mendapatkan hasil swap temggorokan membutuhkan waktu 14 hari, Serta hasil pemeriksaan labor tersebut akan di laporkan ke jakarta, Karena pemeriksaan tersebut belum bisa dilakukan di tembilahan," ungkapnya.

Selain itu, Saut Fakpahan Menghimbau kepada masyarakat yang mengalami gejala-gejala seperti Batuk, Demam, sakit Tenggorokan, sesak napas agar segera memeriksakan ke Rumah sakit atau puskesmas terdekat dan mengikuti petunjuk dari petugas kesehatan.

Lebih lanjut, Saut Fakkpahan mengatakan bahwa Pasien yang sedang di tangani tersebut selama mereka di malaysia ada pergi kesalah satu pasar yang ada disana. untuk diketahui bahwa negara malaysia merupakan negara yang terkonfirmasi virus corona.

"Oleh karena itu, prosedur yang ditetapkan oleh kementrian kesehatan, kita wajib untuk melakukan pengawasan dan penanganan terhadap dugaan virus cona tersebut," jelasnya.

Sambungnya, Saut menyebut bahwa di inhil belum ada yang namanya Covid-19 atau virus corona, hanya karena protatnya harus menangani maka kita gerak cepat/respon cepat Supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Oleh karena itu di himbau kepada masyarakat agar jangan panik, karena di inhil belum ada virus corona sampai nanti hasil labor yang dikirim didapat hasilnya.

Sementara, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kab. Inhil Jufriadi menyebut bahwa ABK yang dirujuk ke RSUD tersebut ketika dilakukan pemeriksaan kesehatan saat pulang dari malaysia kondisi ABK tersebut dalam keadaan Demam dengan Panas Suhu tubuh mencapai 37,5 derjat.

"Kondisi ABK saat tiba di Tembilahan kondisi tubuhnya 37,5 derjat, setelah dilakukan pengobatan kondisi tubuh ABK masih belum turun maka dilakukanlah rujukan ke RSUD Puri Husada," jelasnya. (Jb)





Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 Infoinhil.com | All Right Reserved