Praktek Mencari Berita, Peserta Pelatihan Jurnalistik IWO Wawancarai Bupati Inhil - Pusat Informasi Indragiri Hilir


Kamis, 31 Oktober 2019

Praktek Mencari Berita, Peserta Pelatihan Jurnalistik IWO Wawancarai Bupati Inhil

Praktek Mencari Berita, Peserta Pelatihan Jurnalistik IWO Wawancarai Bupati Inhil



Berita Info Inhil, Tembilahan - Peserta pelatihan jurnalistik tingkat dasar, pelajar dan mahasiswa Ikatan Wartawan Online (IWO) usai pelatihan langsung wawancarai Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan terkait pelatihan yang mereka ikuti, tentang cara praktek mencari berita kenarasumber, Kamis (31/10/2019) sore di Resto Rizky Arahman, Jalan Malagas Tembilahan.

Proses wawancara langsung terhadap orang nomor satu di Kabupaten Inhil tersebut melalui lima sesi pelatihan sebelum melakukan wawancara.

Dimana sesi pertama tehnik menulis berita, sesi kedua penggunaan ejaan yang disempurnakan dan kalimat efektif pada penulisan, sesi ketiga aspek hukum dan etika jurnalistik, sesi keempat manajemen pers bagi pelajar dan mahasiswa, kemudian sesi kelima praktek mencari dan menulis berita.

Menurut salah satu peserta, Aryanto bahwa pengalaman yang tidak bisa dia lupakan. Karena langsung bisa bicara berhadapan dengan Bupati Inhil walau hanya dalam kontek wawancara.

"Kami ucapkan terimakasih kepada Panitia IWO Inhil dan Narasumber yang sudah banyak memberikan ilmu kepada kami, sehingga kami sadar bahwa pekerjaan seorang jurnalis itu sangat mulia dan mampu membawa kearah yang positif bagi kami selaku pelajar," katanya.

Kegembiraannya tersebut tidak bisa dia bendung, sambil meneteskan air mata bahagia ia mengucapkan rasa syukur karna praktek wawancara langsung sebagai narasumber Bupati Inhil.

Kemudian Bupati menilai kegiatan yang dilaksanakan IWO Kabupaten Inhil sangat bagus, atas nama Pemerintah Kabupaten dia juga sangat mengapresiasi apa yang dilaksanakan IWO Inhil.

"Untuk para peserta, ilmu yang didapat agar dipelihara. Serta disebarluaskan keorang banyak agar yang tidak memunyai kesempatan untuk ikut dalam kegiatan ini sedikit banyak mengetahui ilmu yang kalian dapatkan," katanya, saat diwawancarai Ayendra.

Dia juga berharap kepada peserta jangan merasa cepat puas dengan apa yang diraih hari ini, karna apa yang didapat jika tidak dipelihara dengan baik akan hilang.

"Sekolah banyak aktifitas, hal tersebut perlu diinformasikan kepada khalayak ramai. IWO juga merpukan wadah untuk menyebarkan informasi, jadi untuk para peserta pelajar harus berkeordinasi dengan IWO Inhil. Ekspos kegiatan-kegiatan sekolah dengah karya sendiri,"pungkasnya.

Gagasan yang dilaksanakan IWO Inhil, dia menilai bahwa IWO harus melakukan trobosan baru. Dan mampu membawa peserta khususnya pelajar menjadi jurnalistik sekolah yang baik. (TW)




Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 Infoinhil.com | All Right Reserved