Penyakit yang menyebabkan susah bicara - Pusat Informasi Indragiri Hilir


Rabu, 30 Januari 2019

Penyakit yang menyebabkan susah bicara

Penyakit yang menyebabkan susah bicara

Berbicara merupakan salah satu anugerah terindah dimana kita memiliki kemampuan untuk dapat mengungkapkan dan segala mencurahkan isi hati maupun pendapat kita kepada orang lain. Mampu berbicara juga merupakan sesuatu yang sangat berharga dalam kehidupan.

Namun ada sebagian orang yang terkena penyakit yang menyebabkan susah bicara. Ada yang mengalami sejak lahir dan juga ada secara mendadak yang dapat terjadi dalam sementara waktu mampun dalam waktu jangka lama.

Berikut ini adalah penyebab susah berbicara:

· Stroke

Ini adalah salah satu penyakit yang menyebabkan susah bicara maupun mengalami kesulitan berbicara. Dan penderita merasakan wajahnya terasa kebas, terkadang juga merasakan tubuh susah untuk digerakan. Stroke diakibatkan karena adanya gumpalan darah sehingga tidak mengalir ke otak dan pasokan oksigen pun terputus ke otak. Hal inilah yang menyebabkan kesulitan untuk berbicara dan terkadang ada yang tidak melakukan sama sekali. Selain bicara terkadang ada yang sampai pingsan, kesulitan berjalan dan lumpuh, kehilangan kesadaran, dan gangguan pada penglihatan. Stroke membuat para penderitanya mengalami kehilangan maupun keseluruhan dari bicara yang disebabkan karena cedera otak.

· Migrain

Migrain dapat membuat kita kesulitan dalam berkata-kata bahkan gangguan dalam berbicara. Migrain juga merupakan gangguan kronis yang biasanya mengalami sakit kepala. Dari beberapa orang yang mengalami penyakit migrain maka akan terkena gangguan visual, terganggu indera bicara dan lainnya. Migrain juga dapat mengganggu penglihatan yang membuat anda tidak dapat melihat secara jelas.

· Kelainan saraf

Ini merupakan penyakit yang dapat mengganggu sel-sel otak dan sel-sel di bagian tubuh lainnya. Kelemahan dan gangguan pada otot mulut dan juga pipi sehingga mengakibatkan penderita kesulitan dalam berbicara.

· Kelelahan atau stres

Rasa lelah terkadang membuat kita kesulitan dalam berkata-kata dan jika semakin parah maka semakin membuat kita kesulitan dalam berbicara.

· Tongue tie adalah salah satu gangguan bawaan lahir yaitu mengalami pendek lidah sehingga membuat gerakan lidah menjadi terbatas.

· Afasia adalah gangguan pada saraf yang mampu merusak kemampuan berbicara, kecacatan pada memori otak . orang yang menderita penyakit ini mengalami kesulitan dalam memahami serta merangkai kata-kata saat sedang berbicara.

· Terlalu banyak minum alkohol

Alkohol dapat membuat susah berbicara dan tidak dapat berbicara secara jelas karena minuman alkohol dapat memperlambat otak dalam berkomunikasi dan berbicara.

· Pengaruh obat-obatan

Kesulitan dalam berbicara dapat disebabkan karena terlalu banyak minum obat-obatan.

· Kanker otak



Penyakit yang menyerang bagian otak ini dapat menyebabkan para penderitanya mengalami kesulitan dalam berbicara dan juga mengganggu dalam mengatur kemampuan berbahasa. Penyakit kanker otak dapat dikenali dengan gejala sakit pada bagian kepala, mual, rasa kantuk, dan merasa kesulitan dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Inilah penyakit yang menyebabkan susah bicara yang dapat anda waspadai dan kalau bisa anda cegah sehingga tidak mengalaminya. Selalu jaga kesehatan serta pola hidup sehat agar terhindar dari segala penyakit. Jika merasakan beberapa gejala penyakit diatas maka segera sembuhkan dan berobat, agar tidak menjadi semakin parah. Selain itu juga dapat mengurangi segala resiko yang dapat membahayakan diri sendiri.

Mencegah lebih baik daripada mengobati itulah peribahasa agar mengingat bahwa sehat itu mahal harganya. Semoga kita semua dapat terhindar dari bermacam penyakit yang dapat mengganggu aktivitas keseharian kita. Sekian dulu untuk ulasan hari ini dan semoga bisa bermanfaat. Terima kasih untuk para pembaca.




Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 Infoinhil.com | All Right Reserved