Bupati Minta MPA Kecamatan Se-Inhil Segera Diaktifkan - Pusat Informasi Indragiri Hilir

Senin, 02 Maret 2020

Bupati Minta MPA Kecamatan Se-Inhil Segera Diaktifkan

Bupati Minta MPA Kecamatan Se-Inhil Segera Diaktifkan

INHIL, Berita Info Inhil - Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) buka pendaftaran Sekaligus Pelatihan bagi Calon Relawan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang di gelar Posko Karhutla Kabupaten Inhil, Senin (2/3/2020).

Wakil Kepala Kepolisian Resor (Waka Polres) R Firdaus menyebutkan bahwa betapa pentingnya peran serta dari masyarakat untuk memadamkan api karhutla.

"Peran masyarakat dalam menanggulangi karhutla itu sangat penting, oleh karena itu kita buka pendaftaran bagi relawan Karhutla," sebutnya

Lanjutnya, Wakapolres juga menyebut bahwa bagi calon relawan Karhutla yang melakukan pendaftran akan dilakukan pengecekan kesehatan.

"Pengecekan kesehatan bagi relawan karhutla dilakukan guna menunjang kinerja relawan dalam melaksanakan tugas," jelasnya

Selain itu, Wakapolres Inhil menyebutkan bahwa pada saat ini untuk memantau karhutla sudah di bisa dilihat menggunakan Handphone.

"Untuk memantau Karhutla sudah bisa dilihat di handphone menggunakan aplikasi Dashboard lancang kuning dengan mendaftarkan diri di kepolisian setempat," ungkapnya.

Saat ini aplikasi dashboart lancang kuning dikendalikan mulai tingkat Polda, Polres dan Polsek.

Sementara, Bupati Inhil HM Wardan dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang stinggi-tingginya kepada Polres Inhil yang telah mendirikan posko Karhutla.

Lanjutnya, Bupati Inhil menyebut bahwa kerisauan karhutla sudah menjadi kerisauan bangsa dan negara.

Bupati Inhil mengatakan bahwa 90 persen karhutla dilakukan dengan sengaja. Oleh karena itu peran serta masyarakat dalam menanggulangi karhutla sangatlah penting.

Lanjutnya Bupati Inhil Berharap, Kehadiran para relawan tidak sebatas ikut-ikutan saja. "Tugas pertama relawan adalah menyosialisasikan kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran lahan," tegasnya.

Bupati Inhil juga berharap agar Masyarakat Peduli Api (MPA) yang ada di setiap kecamatan agar segera diaktifkan.

"Besar harapan MPA yang ada disetiap kecamatan agar segera diaktifkan agar di tahun 2020 ini tidak dijumpai lagi titik-titik hotspot di Inhil," sebutnya.

Sebagai informasi, untuk menjadi anggota relawan karhutla cukup mengisi surat penyataan menjadi relawan dengan melampirkan fotocopy KTP.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Kab. Inhil HM Wardan, Wakil Bupati Kabupaten Inhil H Syamsuddin Uti, Waka Polres Inhil R Firdaus, Kepala PN Tembilahan Nurmala Sinurat, SH MH, Kasi Kedatun Kejari Inhil, Forkopimda Kabupaten Inhil. (Jb)





Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 Infoinhil.com | All Right Reserved