Jelang Kepulangan TKI, Dumai Lakukan Sterilisasi - Pusat Informasi Indragiri Hilir


Kamis, 26 Maret 2020

Jelang Kepulangan TKI, Dumai Lakukan Sterilisasi

Jelang Kepulangan TKI, Dumai Lakukan Sterilisasi



DUMAI, Berita Info Inhil - Usai mengikuti rapat kepulangan TKI Melalui jalur laut Kota Dumai, PT Pelindo I Cabang Dumai, telah melakukan sterilisasi. 

Sterilisasi yang dilakukan tersebut sebelumnya sudah dilakukan penyemprotan disinfektan mulai dari gagang pintu, kursi, meja resepsionis, kursi antrean yamg berjarak 1 meter dan menyiapkan sejumlah hand sanitizer (pembersih tangan) di beberapa titik.

Selain itu perusahaan milik negara ini, juga sudah melakukan antisipasi penyebaran Virus Corona atau Covid-19 dari sejak Januari lalu dengan melakukan cek fisik kepada setiap penumpang dan kru kapal dari luar negeri di pelabuhan terminal penumpang internasional.

Bahkan pihaknya sudah melakukan kerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III serta Dinas Kesehatan Kota Dumai untuk memastikan agar mereka yang baru melakukan perjalanan dari luar negeri tidak terjangkit wabah virus mematikan tersebut.

Termasuk pihaknya juga pun melakukan pemeriksaan intensif kepada kapal asing yang bersandar di Dumai untuk melakukan kegiatan bongkar muat.

"Kita lakukan berdasarkan prosedur yang berlaku di pelabuhan. Dan untuk para petugas pelabuhan diimbau untuk melakukan pola hidup bersih dengan rajin bersuci tangan dan menggunakan masker,"paparnya menjelaskan.

"Jika semisal ada yang terpapar Corona maka langsung kita karantina dan tidak diperbolehkan turun,"ucapnya tegas sembari.

Tak hanya Pelindo Dumai saja yang melakukan sterilisasi, Pemko Dumai juga sebelumnya, Rabu, 25 Maret 2020 kemarin juga melakukan penyemprotan disinfektan di ruas jalan protokoler.

Tak hanya ruas jalan saja melainkan tempat keramaian, rumah ibadah dan pasar tradisional di Kota Dumai yang dipimpin langsung oleh Wali Kota Dumai, Zulkifli Adnan Singkah.

Meski begitu ia tak menampik daftar jumlah orang dalam pengawasan (ODP) yakni sudah 112 orang terus meningkat, meskipun hasilnya masih negatif, namun dikatakannya ini merupakan sinyalemen sehingga masyarakat Dumai diminta untuk selalu waspada.

"Untuk itu masyarakat diminta untuk di rumah saja, kalau tidak ada keperluan yang penting tidak perlu keluar rumah,"pesan wako.

Bahkan di Dumai juga sudah banyak terpasang tempat cuci tangan yang disediakan gratis dan bisa digunakan publik.

Ia oun mengajak kepada pelaku usaha menengah dan besar untuk menyediakan tempat cuci tangan.

"Termasuk segenap masyarakat lainnya dengan melakukan gerakan swadaya guna menghadirkan tempat mencuci tangan gratis,"kata dia.

"Semakin sering kita mencuci tangan yang disertai dengan penggunaan sabun, maka sebetulnya kita telah berikhtiar untuk menekan bahkan memutus mata rantai penyebaran virus covid-19 di kota kita,"tukasnya.

Jadwal Pemulangan TKI 

Sementara itu berdasarkan keterangan dari Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Dumai, Muhammad Fauzan usai rapat pemulangan TKI melalui jalur Dumai kepada wartawan, Kamis (26/3/2020) merincikan sejumlah agenda.

Dimulai dengan simulasi di pelabuhan ya g dilaksanakan Kamis pagi tadi. Kemudian sebelum pulang tim KKP akan berangkat ke Malaysia melakukan pengecekan kondisi seluruh TKI. 

Termasuk melakukan pemisahan terhadap TKI yang akan pulang sesuai asal daerah mereka masing-masing. "Dan pemulangan ini direncanakan pada Jumat besok, 27 Maret 2020,"ungkap Fauzan.

"Sementara TKI dari daerah di luar Dumai akan disiapkan transportasi bus oleh pemerintah dan akan dikawal oleh Polres Dumai,"tukasnya.(Kll)





Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 Infoinhil.com | All Right Reserved