Elektabilitas Turun, Demokrat Sebaiknya Merapat ke Pemerintah - Pusat Informasi Indragiri Hilir


Sabtu, 29 Juni 2019

Elektabilitas Turun, Demokrat Sebaiknya Merapat ke Pemerintah

Elektabilitas Turun, Demokrat Sebaiknya Merapat ke Pemerintah

Elektabilitas Turun, Demokrat Sebaiknya Merapat ke Pemerintah
MGI - Setelah tidak menjadi penguasa elektabilitas Partai Demokrat semakin menurun. Untuk itu partai pimpinan SBY harus merapat ke kubu pemerintah bukan jadi oposisi.

Pada Pemilu 2019, Demokrat yang teragabung dalam koalisi Prabowo-Sandi kembali kalah dengan hanya memperoleh 7,79 persen suara. Perolehan suara Demokrat pada Pemilu 2014 (10,19 persen) juga menurut dari Pemilu 2009 (20,40 persen).

Pengamat politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio mengatakan, Demokrat harus merapat ke pemerintah guna menjaga marwah dan suara partai kedepan.

"Partai Demokrat setelah enggak jadi penguasa turun terus elektabilitasnya, enakan gabung pemerintah," ujar Hendri dalam diskusi dengan tema 'Peta Politik Pasca Putusan MK' di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (29/6). 

Selain Demokrat, dia juga menila bahwa partai di luar pemerintah yang selalu dapat kursi atau jatah menteri adalah PAN, karena citra partai tersebut lumayan baik dalam menjaga hubungan koalisi.

"Kalau untuk partai, PAN dan PKB enggak ngapa-ngapain pasti dapat jatah menteri, apapun itu karena ini citra partai yang baik. Beda misalnya kalau Golkar, dia harus usaha terlebih dahulu," ucap Hendri.

Pembicara lain dalam diskusi tersebut, politisi PDIP Arteria Dahlan, politisi PAN Faldo Maldini, politisi Gerindra Hendarsam Marantoko, dan Direktur Eksekutif Perludem Titi Anggraini. [rm]




Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 Infoinhil.com | All Right Reserved