Ngeri, Lapas Bagansiapiapi Over Kapasitas 800 Persen - Pusat Informasi Indragiri Hilir

Minggu, 15 Maret 2020

Ngeri, Lapas Bagansiapiapi Over Kapasitas 800 Persen

Ngeri, Lapas Bagansiapiapi Over Kapasitas 800 Persen

ROKAN HILIR, Berita Info Inhil - Dengan daya tampung 98 orang namun diisi 847 narapidana, artinya rumah tahanan  (Rutan) lembaga permasyarakatan (Lapas) kelas 2A Bagansiapiapi Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) telah mengalami over kapasitas lebih dari 800 persen.

"Kondisi ini sangat memprihatinkan Pejara terpadat se- indonesia, solusinya hanya dengan melakukan relokasi, "kata Kepala Rutan Kelas A Bagansiapiapi, Wachid Wibowo, Sabtu (14/03/2020).

Dalam hal ini pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak kementrian dan pemda setempat. Sebab, sebelumya sudah ada dua lokasi yang direncanakan untuk relokasi namun karena dinilai kurang efisien sehingga dihentikan. 

"Kemaren sudah ada lokasinya satu disimpang 200 parit aman dan satu lagi di batu enam. Tapi terhenti karen lokasi yang dimaksudkan itu dianggap kurang efisien melihat kondisi tanahnya kurang labil. "terang Wachid.

Sehingga, pihak Pemda Rohil kembali mengusulkan lokasi baru di ujung tanjung dan disambut baik oleh pihak kementrian. Saat ini sudah dilakukan peninjaua lokasi.

"Lokasi ada tiga usulan, pertama dibelakang Polres Rohil, terus dekat kantor PN dan disekitar samping SPBU lintas ujung tanjung. Baiknya lokasinya dipilih kanwil provinsi. "katanya.

Setakat ini pihaknya berharap kondisi lapas Bagansiapiapi tetap aman dan kondusif agar tidak terjadi seperti rutan Sialang bungkuk di pekanbaru. Karena, secara nomenklatur Rutan Bagansiapiapi memang sudah naik tingkat menjadi Lapas 2A, Tapi secara fisik bangunan belum berubah. 

Dari 847 narapidana dengan kasus yang beragam, penahanannya juga tidak dapat dibedakan dan berbaur menjadi satu. Berbeda dengan rutan lain yang memiliki beberapa blok. 

Hal ini karena kondisi bangunan rutan hanya satu blok, napi tidak dapat dibedakan ruangan penahannya. Semua tipe kejahatan digabung karena kondisinya memang demikian. 

"Wacana sekarang menguat pemindahan ke Ujung Tanjung karena kemarin ada komunikasi antara Kakanwil kita dengan Pak Bupati, "ujarnya.

Dengan keterbatasan ruang kosong untuk membangun pusat-pusat kreatifitas WBP, pihak rutan hanya bisa membina para napi lewat rohani dengan beribadah dan fisik dengan olahraga." tegasnya.

Meski baru bertugas selama dua bupan namun ia berkomitmen agar Lapas Bagansiapiapi aman dan tidak ada gejolak apapun. Apalgi petugas totalnl hanya 73 orang dengan Kepala sedangkan pejabat struktural berjunlah 14 orang dan sisanya petugas jaga dan petugas administrasi. Dgt





Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 Infoinhil.com | All Right Reserved