MUI Meranti Pesan Jemaah Bawa Sajadah dari Rumah - Pusat Informasi Indragiri Hilir

Sabtu, 21 Maret 2020

MUI Meranti Pesan Jemaah Bawa Sajadah dari Rumah

MUI Meranti Pesan Jemaah Bawa Sajadah dari Rumah

MERANTI, Berita Info Inhil - Menindaklanjuti Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat Nomor 14 Tahun 2020 dan hasil rapat koordinasi Bupati bersama unsur terkait, serta tokoh masyarakat tentang Corona Virus Deseaster (Covid-19), MUI Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau membuat beberapa langkah penting.

Adapun langkah tersebut berupa sosialisasikan kepada masyarakat untuk mencuci tangan, wajah dan kaki pakai sabun setelah beraktifitas, atau sering berwudhu.             

Kemudian, menjaga kebersihan dan kesehatan, ketika ada terasa demam cepat berobat atau memeriksakan diri langsung  ke Dokter maupun fasilitas kesehatan setempat.

"Penuhi kewajiban, jauhi maksiat. Perbanyak berzikir dan berdoa untuk memohon dijauhkan segala bala dan penyakit," himbau Ketua Umum MUI Kepulauan Meranti, H Mustafa SAg MM.

Selain itu, katanya, tidak beraktifitas dengan berkumpul bersama banyak orang. Terutama terhadap saudara yang baru pulang dari berpergian jauh atau luar kota selama 14 hari.

"Menyesuaikan diri sesuai kondisi untuk beribadah, seperti shalat berjamaah, shalat Jumat di masjid atau mushalla dan harus bawa sajadah masing-masing. Intinya, kira harus sangat peduli terhadap kesehatan dan keamanan dimanapun berada," pesannya.

Sebagaimana disampaikan Bupati Kepulauan Meranti, Dr H Irwan MSi, bahwa pemerintah daerah sudah melakukan rapat koordinasi bersama instasi terkait untuk menjalankan langkah pencegahan penyebaran wabah Corona atau Covid-19.

Upaya antisipasi dilakukan dengan menghimbau seluruh elemen yang ada. Bahkan, Pemda juga telah membentuk gugus tugas hingga ke kecamatan dan desa.

Dimana, sebagai antisipasi, semua aktifitas yang bisa menyebabkan penularan Covid-19 dihentikan sementara waktu. Seperti kegiatan yang bersifat mengumpulkan orang banyak sebaiknya ditunda.

"Semua masyarakat diminta tidak panik, tetap tenang. Jaga kebersihan diri dan lingkungan. Jika ada yang sakit, seperti demam dan lainnya, segera memeriksakan diri ke dokter atau Puskesmas setempat," himbau Irwan.(Aldo)





Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 Infoinhil.com | All Right Reserved